Selasa, 15 Oktober 2013

Keluarga menurut PHOP

Berbeda dari yang sudah-sudah, kuliah PHOP (Public Health Oriented Program) semester ini sangat menarik lhoo!! Setidaknya menurutku. Salah satu topiknya adalah tentang keluarga. Ini beberapa definisi keluarga yang murni saya ambil dari slide lecture.

Family, as a group of intimates with both a history and a future (Ransom and Vandervoort, 1973)

The family is a small social system made up of individuals related to one another biologically, or by reason of strong affections and loyalty, that comprises a permanent household (or cluster of households) and persists over decade. Members enter through birth, adoption, or marriage, and leave by death. The roles of members change over time and through the history of the groups.

Menurut Duvall-1977, sebuah keluarga memiliki siklus hidup, disebut Family Life Cycle. Terdapat 8 tahapan dari keluarga:
  1. Marriage couple
  2. Childbearing family
  3. Family with preschool children
  4. Family with school children
  5. Family with teenagers
  6. Family launching young adults
  7. Middle-aged parents
  8. Aging family members
sumber gambar http://www.bubblews.com/news/412619-family-should-be

Menurut Duvall, 8 tahapan ini sangat penting di sebuah keluarga, walaupun mungkin tidak semua individu mengalami semua tahapannya. Tahapan ini penting untuk diketahui oleh anggota keluarga untuk meningkatkan awareness mereka terhadap tugas/ peran yang mereka jalani di tiap tahapannya. Contohnya pada tahap 3 dan 4 sepasang orang tua sudah harus memersiapkan segala kebutuhan sekolah yang akan dibutuhkan oleh anaknya. Atau yang paling sering menjadi dilema adalah pada tahap 7 dan 8, yakni ketika kedua orang tua sudah mulai bertambah tua, dan harus menyadari bahwa beberapa anaknya sudah beranjak dewasa dan mulai memiliki kehidupan pribadi sendiri. Pada tahap ini orang tua seringkali kesepian :( Hal inilah yang harus disadari dan diantisipasi segala kemungkinan terburuknya. Khususnya bagi para dokter/ health care provider, kelompok umur ini harus banyak diberikan perhatian, pengertian, dan tentu saja semangat. Yaah, singkatnya itulah kenapa dibutuhkan 8 tahapan kehidupan dalam keluarga.

Terakhir, menyontek sedikit kata-katanya Iva Afianty dalam novelnya "Home"

Rumah itu adalah sebuah tempat di mana sejauh-jauhnya kita pergi, kita akan selalu rindu pulang padanya.

Kok jadi malah rada ga nyambung gini? Tapi cukup representatif lah yaa, untuk sebuah tema seputar keluarga, yang tidak jauh-jauh dari bahasan rumah.

Tidak ada komentar: